Senin, 18 Juni 2018

Posted by Muhammad Nafarin on Juni 18, 2018 No comments

Tips Memberi Makan Anak yang Melakukan Gerakan Tutup Mulut

Tips parenting pastinya ingin diketahui oleh setiap orang tua untuk mengatasi berbagai masalah si kecil. Salah satu masalah yang paling sering dialami orang tua adalah si kecil yang melakukan gerakan tutup mulut ketika sedang disuapi. Hal ini pastinya akan membuat orang tua menjadi pusing karenanya. Tenang saja, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips mengatasinya.

1. Jangan Terlalu Dipaksakan

Kesalahan paling fatal dari setiap orang ketika menghadapi anak yang melakukan gerakan tutup mulut ketika makan adalah tetap memaksakan mereka untuk makan. Bahkan berbagai cara lantas dicoba agar anak mau membuka mulutnya. Mulai dari membentaknya hingga mencubitnya. Asal tahu saja, hal ini hanya akan membuat kondisi semakin memburuk.

Mungkin tindakan tersebut akan membuat anak mau untuk membuka mulutnya dan makan untuk sementara tapi akan berimbas panjang. Imbasnya adalah anak menjadi trauma bahkan menganggap bahwa kegiatan makan bersama dengan orang tuanya adalah kegiatan yang mengerikan. Sesuatu yang tentunya wajib dihindari oleh setiap orang tua.

2. Buatkan Makanan Favoritnya

Tips parenting berikutnya yang bisa Anda tiru adalah dengan membuatkan makanan favorit si kecil. Biasanya banyak sekali faktor yang membuat anak enggan untuk makan. Mulai dari nafsu makan yang menurun hingga menu makanan yang tidak membuat mereka berselera. Untuk itulah, dengan memasak makanan favorit si kecil bisa meningkatkan minat mereka untuk makan.

3. Buat Suasana Makan Menjadi Ceria

Membuat suasana makan yang ceria juga memegang peranan penting agar si kecil mau makan dan tidak lagi melakukan gerakan menutup mulut. Untuk membuat suasana makan yang ceria maka tidak bisa dipungkiri memang membutuhkan orang tua yang kreatif dalam melakukannya. Berbagai cara bisa Anda coba bahkan melakukan riset internet juga tidak ada salahnya.

4. Berikan Jenis Makanan yang Bisa Dipegang Sendiri

Bosan bisa menjadi faktor utama yang membuat anak enggan untuk terus disuapi oleh ibunya. Soalnya tidak bisa dipungkiri kegiatan makan ini seringkali hanya membuat si anak menunggu disuapi hingga selesai. Anda bisa mengakalinya dengan memberikan jenis makanan yang bisa dipegang sendiri oleh si kecil. Hal ini pastinya akan menghilangkan rasa bosan ketika makan.

5. Variasikan Menu Makan untuk Si Kecil

Trik terakhir adalah dengan memvariasikan menu makan untuk si kecil. Hal ini dilakukan guna mencegah si kecil merasa bosan dari menu makan yang monoton. Variasi ini sendiri bisa berupa-rupa mulai dari menu makannya, cara memasaknya hingga cara menyajikannya.

Dengan tips parenting yang sudah dijelaskan di atas maka anak yang suka melakukan gerakan tutup mulut bisa dihindari. Soalnya makan adalah kebutuhan utama bagi si kecil yang sedang berada dalam masa pertumbuhan untuk bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar